Sunday 25 December 2011

FUNGSI PUSAT SUMBER BELAJAR


Berdasarkan tujuan umum dan tujuan khusus yang sudah diuraikan di atas, pusat sumber belajar mempunyai fungsi dan kegiatan sebagai berikut

1. Fungsi Pengembangan Sistem Instruksional
Fungsi ini menolong jurusan atau departemen dan staf tenaga pengajar secara individual di dalam membuat rancangan (desain) dan pemilihan options (pilihan) untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar dan mengajar. Hal ini meliputi:

a.       Perencanaan kurikulum;
b.      Identifikasi pilihan program instruksional;
c.       Seleksi peralatan,dan bahan;d.Perkiraan biaya;
d.      Perkiraan biaya;
e.       Penataran tentang pengembangan system instruksional bagi staf pengajar;
f.        Perencanaan program;
g.       Prosedur evaluasi;
h.      Revisi program.
2. Fungsi Informasi

Dalam kehidupan sehari-hari orang sering  memerlukan informasi, baik bentuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan usahanya. Ada beberapa macam sumber informasi, seperti pusat komputer (Puskom), bahan bacaan, radio, televise, perorangan, lembaga, dan sebagainya. Jika informasi ynag diperlukan hanya sedikit dan yang mememrlukannya juga sedikit, maka bahan informasinya hanya dapat disimpan dalam stu file. Jika lebih banyak, maka perlu dibentuk perpustakaan lengkap dengan katalognya. Jika lebih banyak lagi barangkali harus menggunakan komputer.

3. Fungsi Pelayanan Media 
 
Fungsi ini berhubungan dengan pembuatan rencana program  media dan pelayanan pendukung yang dibutuhkan oleh staf pengajar dan pelajar meliputi :
a.       Sistem penggunaan media untuk kelompok besar
b.      Sistem penggunaan media untuk kelompok kecil
c.       Fasilitas dan program belajar sendiri
d.      Pelayanan perpustakaan media/bahan pengajaran
e.       Pelayanan pemeliharaan dan penyampaianf.Pelayanan pembelian bahan-bahan dan peralatan 


4. Fungsi Produksi

Fungsi ini berhubungan dengan penyediaan materi atau bahan instruksional yang tidak dapat diperoleh melalui sumber komersial.Hal ini meliputi :
a.       Penyiapan  karya seni asli (original atwork) untuk tujuan instruksional
b.      Produksi transparansi untuk OHP
c.       Produksi fotografi (slide, filmstrip, foto, dan lain-lain)
d.      Pelayanan reproduksi  fotografi
e.       Pemrograman, pengeditan dan reproduksi rekaman pita suaraf. Pemrograman,
      pemeliharaan, dan pengembangan system televise di kampus.


 5. Fungsi Administratif
 
Fungsi  ini berhubungan dengan cara-cara bagaimana tujuan dan prioritas pemrograman dapat tercapai. Fungsi ini berhubungan dengan semua segi program yang dilaksanakan dan akan melibatkan semua staf dan pemakai dengan cara-cara yang sesuai. Hal ini meliputi beberapa kegiatan sebagai berikut:
a.       Supervisi personalaia untuk media
b.      Pengembangan koleksi media untuk program pengjaran
c.       Pengembangan spesifikasi pendidikan untuk fasilitas baru
d.      Pengembangan system penyampaian
e.       Pemeliharaan kelangsunagn pelayanan produksi bahan pengajaran
f.        Penyediaan pelayanan untuk pemeliharaan bahan, peralatan dan fasilitas.

Kelima fungsi pusat sumber belajar dengan kegiatan-kegiatan diatas merupan fungsi dan kegiatan yang ideal. Seberapa jauh kegiatan yang ideal tersebut dapat dilaksanakan pusat oleh pusat sumber belajar, akan sangat bergantung pada  tujuan program pengajaran, fasilitas, peralatan yang dimiliki, staf dan personalia yang ada dalam pusat sumber belajar yang bersangkutan.Namun demikian demikian dapatlah dipastikan bahwa keempat fungsi diatas akan selalu dijumpai dalam setiap pusat sumber belajar sebagai suatu lembaga yang beruasaha untuk memajukan efektivitas dan efisiensi kegiatan belajar dan mengajar


No comments: