Saturday 24 December 2011

KEUNTUNGAN, KELEMAHAN SERTA STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TELEVISI

KEUNTUNGAN MEDIA TELEVISI DALAM PEMBELAJARAN

Beberapa Keuntungan media televisi dalam pembelajaran ialah sebagai berikut :
  1. Televisi bisa memberikan penekanan terhadap pesan-pesan khusus pada peserta didik, misalnya melalui teknik close-up, penggunaan grafis/animasi, sudut pengambilan gambar, teknik editing, serta trik-trik lainnya yang menimbulkan kesan tertentu pada sasaran sesuai dengan tujuan yang dikehendaki.
  2. Media televisi dapat menyajikan pesan/objek yang sebenarnya termasuk hasil dramatisir secara audio visual dan unsur gerak (live) dalam waktu bersamaan (broadcast). Pesan yang dihasilkan televisi dapat menyerupai benda/objek yang sebenarnya atau menimbulkan kesan lain.
  3. Media televisi ini memiliki potensi besar dalam merubah sikap dan perilaku masyarakat, dengan kata lain acara-acara tersebut disertai dengan fakta dan ilustrasi yang menarik berupa gambar-gambar dan rekaman peristiwa yang sebenarnya, sehingga kita bisa membayangkan dan menikmati seolah-olah hal tersebut memang benar-benar kita alami.
Hal ini akan mempercepat kerja otak kita untuk menerima beberapa hal baru tentang pengetahuan. Serta meningkatkan kemampuan kita dalam berimajinasi secara kreatif. Hal ini berarti bahwa audio visual dapat memberikan pengalaman-pengalaman yang baru sesuai dengan pengalaman yang telah dimiliki sebelumnya, atau dapat memberikan pengalaman semu atau Simulated Experience. Namun perlu dicermati, terutama bagi orang tua dan guru sebagai pendidik dan pembimbing utama anak bahwa mereka lah yang memegang kendali untuk mengenalkan dan memilihkan program-program acara yang sesuai serta bermuatan ilmu pengetahuan pada mereka.

Dampingi mereka ketika menonton acara tersebut. Hal ini akan membantu apabila terdapat beberapa hal yang tidak mereka mengerti untuk ditanyakan kepada kita Dalam teori Cultivasi, televisi menjadi media atau alat utama dimana para penonton televisi itu belajar tentang masyarakat dan kultur dilingkungannya. Dengan kata lain, persepsi apa yang terbangun di benak Anda tentang masyarakat dan budaya sangat ditentukan oleh televisi. Ini artinya, melalui kontak Anda dengan televisi Anda belajar tentang dunia, orang-orangnya, nilai-nilainya serta adat kebiasannya.

KELEMAHAN MEDIA TELEVISI DALAM PEMBELAJARAN

Setiap Pastilah Memiliki Keunggulan dan kelemahan tersendiri berikut ini adalah kelemahan yang dimiliki oleh media televisi :


  1. Televisi hanya mampu menyajikan komunikasi satu arah 
  2.  Televisi pada saat disiarkan akan berjalan terus dan tidak ada kesempatan untuk memahami pesan-pesannya sesuai dengan kemampuan individual siswa.
  3. Guru tidak memiliki kesempatan untuk merevisi film sebelum disiarkan.
  4. Kekhawatiran muncul bahwa siswa tidak memiliki hubungan pribadi dengan guru, dan siswa bisa jadi bersikap pasif selama penayangan.
STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TELEVISI
Dalam usaha menjadikan TV sebagai mitra pembelajaran, posisi guru adalah aktif dalam menjadikan tayangan/program TV sebagai sumber belajar. Strategi yang digunakan adalah mengajak belajar untuk mengemukakan pengalamannya memirsa TV dalam hal ini :

1) Apa jenis program/tayangan yang ditonton;


2) kesimpulan apa yang bisa diambil;


3) hikmah apa yang bisa disarikan;


4) pernah mengalami hal yang sama atau mirip dengan apa yang ada di tayangan;


5) pendapat pebelajar terhadap tayangan.

Selanjutnya guru/orangtua dapat mengajak pebelajar mendiskusikan tayangan TV dengan harapan diskusi ini akan meningkatkan daya apresiasinya. Hal ini sangat efektifdilakukan apabila dikaitkan dengan mata pelajaran tertentu yang kental dengan nuansa nilai seperti PPKN dan Pendidikan Agama. Selain itu, penggunan metode yang relevan (seperti diskusi, pemecahan masalah dan Focus Group Discussion untuk kelas usia remaja atau dewasa) akan mampu menumbuhkan daya nalar siswa dan membentuk filter diri dalam respon pengaruh eksternal dari tayangan TV.

No comments: