Saturday 24 December 2011

MENGAPA MEDIA TELEVISI DIPERLUKAN DALAM DUNIA PENDIDIKAN ?

Alasan yang mendasari perlunya penggunaan media televisi di dalam dunia  pendidikan tercermin dari fungsi televisi itu sendiri. Sesuai dengan undang-undang penyiaran nomor 24 tahun 1997, BAB II pasal 5 berbunyi “Penyiaran mempunyai fungsi sebagai media informasi dan penerangan, pendidikan dan hiburan, yang memperkuat ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya serta pertahanan dan keamanan.”

Seiring dengan kemajuan jaman dan perkembangan arus globalisasi, maka sangatlah besar peran media televisi untuk mempengaruhi perkembangan pendidikan anak dalam mendampingi anak menikmati tontonan televisi, peran orang tua sangatlah penting.


Karena bila tidak didampingi orang tua, tontonan yang seharusnya belum memenuhi usia anak, anak melihat langsung akan berpengaruh pada kejiwaan anak itu. Misalnya tontonan film horor,jika disaksikan oleh anak dibawah umur 6 tahun, anak tersebut menjadi penakut. Tontonan yang bersifat pornoaksi, jika ditonton oleh anak usia remaja, jika tidak diarahkan orang tua akan sangat berbahaya. Anak itu cenderung meniru atau mencoba apa yang dilihatnya. Tetapi jika orang tua mendampingi, orang tua bisa menjelaskan yang mana boleh ditiru dan mana ! yang tidak boleh diikuti. Namun demikian media televisi sangtlah besar perannya dalam mendidik dan mempengaruhi perkembangan jiwa anak.


Peran televisi dalam dunia pendidikan bisa dikatakan sangatlah sedikit, mengapa bisa demikian karena kebanyakan televisi di Indonesia hanya berorientasikan pada keuntungan materi semata. Acara-acara televisi yang ada saat ini hanya berisikan program-program yang tidak jelas seperti sinetron, infotainment dan apabila ada berita isinya pun tentang kriminal semata.


Di dunia pendidikan peran televisi antara lain adalah memberikan informasi kepada para penerima pesan seperti acara laptop Si Unyil, Dunia Air dll. Peran yang lain adalah menyampaikan materi seperti di salah satu televisi swasta yang di pagi hari mengajarkan bahasa inggris, ada juga kuis cerdas cermat yang memberikan hiburan sekaligus ilmu kepada kita karena mempertandingkan orang dewasa dengan anak kelas 5 SD. Ada pula yang menyampaikan pesan-pesan moral kepada para penonton televisi seperti acara Minta Tolong yang mengajarkan kita agar bisa menolong orang yang membutuhkan pertolongan dengan ikhlas.


Peran diatas adalah dari televisi swasta yang berorientasikan pada hiburan, kita belum melihat dari televisi pendidikan seperti TV Education (TV E), ada juga TVRI yang banyak pula acara-acara pendidikan, ada pula Geographic Channel, Discovery Channel, maupun acara-acara local lainnya.Perihal penggunaan televisi, khususnya di sekolah, memang besar sekali manfaatnya, seperti diungkapkan oleh Dr. Oemar Hamalik (dalam Darwanto, 2007:125) sebagai berikut :


• Televisi bersifat langsung dan nyata


• Televisi memperluas tinjauan kelas


• Televisi dapat menciptakan kembali semua peristiwa yang lalu

Selain itu yang menjadikan alasan mengapa media televisi diperlukan dalam dunia pendidikan karena penggunaan media akan meningkatkan kebermaknan hasil belajar. Sebagaimana Fungsi dan Manfaat dari Media Pendidikan itu sendiri ialah sebagai berikut:

1. Fungsi Edukatif, fungsi utama dari setiap kegiatan media komunikasi ialah mendidik. Pendidikan itu sendiri 
    dapat ditafsirkan dalam arti yang luas ataupun sempit. Arti yang luas berarti memberikan pendidikan diluar 
    sekolah didalam interaksi sosial. Misal, surat kabar, televisi dsb. Dalam arti sempit media berarti alat 
    komunikasi yang berfungsi mendidik siswa di dalam sekolah. Media dalam proses belajar mengajar dapat 
    dijadikan salah satu sistem pendekatan.

2. Fungsi Sosial, media tidak hanya memberikan informasi yang autentik kepada kita, tetapi juga memberikan 
    konsep yang sama kepada setiap orang. Hal ini yang memberikan tambahan pengalaman. Yang pada 
    akhirnya dapat memperluas pergaulan dan pemahaman tentang adat atau kebiasaan pada daerah lain.

3. Fungsi ekonomis, pada masyarakat yang telah maju media sangatlah berati, yang dapat digunakan secara 
    efektif dan efisien dalam menjalankan usahanya. Dengan media mereka dapat mengikuti perkembangan 
    dunia luar.

4. Fungsi Politis, dengan adanya media ini negara dapat memberikan gambaran tentang perkembangan 
    pemerintahan sekaligus dapat mensosialisasikan program-programnya.

5. Fungsi seni budaya, berkat kemajuan media, maka dapat memberikan perkembangan pada seni dan 
    budaya. Dengan realita bahwa, seni yang disalurkan lewat media mampu memberikan perubahan kepada 
    konsumen media.

Uraian diatas merupakan serangkaian fungsi media, yang dilihat tidak hanya pada fungsi didalam lingkungan sekolah. Tetapi walaupun seluruh fungsi tersebut berbeda, kita dapat mengambil satu pokok pelajaran. Yaitu adanya penambahan pengetahuan bagi kita.

1.      

No comments: