Friday 9 December 2011

PERKEMBANGAN KONSEP TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Istilah teknologi berasal dari kata textere (bahasa latin) yang artinya to weave or construct, menenun atau membangun. Saettler (1968) mengungkapkan bahwa teknologi tidak selamanya harus menggunakan mesin sebagaimana terbayangkan dalam pikiran kita selama ini, akan tetapi istilah teknologi merujuk pada setiap kegiatan praktis yang menggunakan ilmu atau pengetahuan tertentu. bahkan dikatakan bahwa teknologi itu merupakan suatu usaha untuk memecahkan masalah manusia (Salisbury,2002).
Dalam kaitannya dengan hal tersebut, Romiszowski (1981:11) menyebutkan bahwa teknologi itu berkaitan dengan produk dan proses. Sedangkan menurut pandangan Rogers (1986:1) bahwa teknologi biasanya menyangkut aspek perangkat keras (tediri atas material atau objek fisik), dan aspek perangkat lunak (terdiri atas informasi yang terkandung dalam perangkat keras).dari pemahaman-pemahaman tersebut, Salisbury (2002:7) mengungkapkan bahwa teknologi adalah penerapan ilmu atau pengetahuan yang terorganisir secara sistematis untuk penyelesaian tugas-tugas secara praktis.

Penggunaan istilah teknologi dalam pendidikan tidak terlepas dari kajian Finn (1960) pada seminar tentang peran teknologi dalam masyarakat, dengan judul makalahnya  "teckhnology and the Instructional Process". dalam makalahnya Finn mengkaji  hubungan antara teknologi dan pendidikan. Argumen utama yang disampaikannya didasarkan pada gejala pemanfaatan teknologi dalam kehidupan masyarakat yang memiliki kemiripan dengan kondisi yang terdapat dalam pendidikan. Oleh sebab itu penggunaan teknologi digandengakan dengan pendidikan merupakan suatu hal yang tepat dan wajar.

Lumsdaine (1964) dalam Romiszoswki ( 1981:12) menyebutkan bahwa penggunaan istilah teknologi pada pendidikan memiliki keterkaitan dengan konsep produk dan proses. proses produk berkaitan dengan perangkat keras atau hasil-hasil produksi yang dimanfaatkan dalam proses pengajaran. 

No comments: