Saturday 24 December 2011

TAHAPAN EVALUASI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

Secara logis dan sistematis langkah-langkah pelaksanaan evaluasi pelatihan sebagai berikut :

Langkah 1 : Persiapan Evaluasi

Pada langkah ini terdapat tiga kegiatan pokok yang berkaitan dengan pelaksanaan evaluasi yaitu : menentukan tujuan atau maksud evaluasi, merumuskan informasi yang akan dicari atau memfokuskan evaluasi dan menentukan cara pengumpulan data.

Beberapa kriteria yang digunakan dalam merumuskan tujuan evaluasi adalah : 
(1) kejelasan,
(2) keterukuran, 
(3) kegunaan dan kemanfaatan,
(4) relevansi dan kesesuaian atau compatibility. 
 
Jadi tujuan evaluasiharus jelas, terukur, berguna, relevan dan sesuai dengan kebutuhan pengembangan program diklat. Dalam merumuskan informasi atau memfokuskan evaluasi harus berdasarkan kepada tujuan evaluasi. 
 
Terdapat beberapa metode dalam merumuskan pertanyaan evaluasi yaitu : 
(1) menganalisis objek, 
(2) menggunakan kerangka teoritis, 
(3) memanfaatkan keahlian dan pengalaman dari luar, 
(4) berinteraksi dengan audien kunci.

Menentukan cara pengumpulan data, misalnya survei atau yang lain, ditentukan pula pendekatan dalam pengumpulan data. Terdapat beberapa prosedur pengumpulan data dengan pendekatan kuantitatif, misalnya
observasi, tes, survei atau lainnya.

Langkah 2 : Mengembangkan Instrumen

Setelah metode pengumpulan data ditentukan, selanjutnya ditentukan pula bentuk instrumen yang akan digunakan serta kepada siapa instrumen tersebut ditujukan (respondennya). Terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh instrumen evaluasi sebagai berikut : 

(1).  validitas adalah keabsahan instrumen dalam mengukur apa yang seharusnya diukur,
(2).  reliabilitas adalah ketetapan hasil yang diperoleh, misalnya bila melakukan pengukuran dengan orang
       yang sama dalam waktu yang berlainan atau orang yang lain dalam waktu yang sama,
(3).  objektivitas adalah upaya penerjemahan hasil pengukuran dalam bilangan atau pemberian skor tidak
       terpengaruh oleh siapa yang melakukan,
(4). standarisasi untuk memastikan evaluator mempunyai persepsi yang sama dalam mengukur karena adanya
      petunjuk khusus pengisian data,
(5). relevansi adalah kepatuhan untuk mengembangkan berbagai pertanyaan agar sesuai dengan maksud
      instrumen,
(6). mudah digunakan.

Langkah 3 : Mengumpulkan Data

Dalam melakukan pengumpulan data ini dilakukan dengan berbeda-beda pada masing-masing level. Pada level reaksi data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Kemudian pada level pembelajaran data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dengan menggunakan tes. Selanjutnya pada level perilaku, data yang dikumpulkan melalui observasi atau dapat juga dengan rencana aksi (action plan), yaitu rencana tahapan tindakan yang akan dilakukan oleh peserta pelatihan dalam mengimplementasikan hasil pelatihan yang telah diikuti. Dalam hal ini para peserta harus mempunyai suatu sasaran peningkatan kinerja/kompetensi yang bersangkutan dalam unit kerja masing-masing yang kemudian diukur dengan mengunakan patokan kinerja/kompetensi yang bersangkutan. Kemudian yang terakhir, yaitu pada level hasil atau dampak, pada data yang dikumpulkan dapat melalui atasan, peserta pelatihan, bawahan atau rekan kerja (client).

Langkah 4 : Mengolah dan Menganalisis Data

Setelah data yang diperlukan sudah terkumpul, maka langkah berikutnya adalah mengolah dan menganalisis data. Dalam menganalisis data dan menafsirkannya (menginterpretasikan) harus berdasarkan hasil data yang
telah berhasil didapatkan. Kemudian menyajikannya dalam bentuk yang mudah dipahami dan komunikatif.

Langkah 5 : Menyusun Laporan

Melaporkan merupakan langkah terakhir kegiatan evaluasi pelatihan. Laporan disusun dengan format yang telah disepakati oleh tim. Langkah terakhir evaluasi ini erat kaitannya dengan tujuan diadakannya evaluasi. Langkah-langkah tersebut dapat dengan digunakan untuk menjawab sejauh mana evaluasi pelatihan yang akan dilakukan dan bagaimana pelaksanaan proses pelatihan dari awal hingga akhir sehingga memberikan hasil untuk improvisasi pada pelatihan-pelatihan selanjutnya.

No comments: