Sunday 11 December 2011

TEORI BELAJAR


Defenisi Teori Belajar 

Arthur T. Jersild Ü learning is  modification of behavior through experience and training.
 
Morgan (1978) Ü belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang
  terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.
 
Gage (1984) Ü belajar adalah sebagai suatu proses dimana suatu organisma berubah perilakunya
  sebagai akibat dari pengalaman.
•Belajar adalah suatu aktifitas mental/psikis, yang berlangsung dalam pengetahuan-pemahaman,
  keterampilan dan nilai-sikap.  Perubahan itu bersifat relatif konstan dan permanen.

Delapan Tipe Belajar

1. Belajar Sinyal
•Memberikan reaksi pada perangsang
  contoh: Guru sejarah galak ditakuti murid Ü murid tidak senang pada sejarah
 
2. Belajar Stimulus - Respons
•Memberikan reaksi pada perangsang
contoh:  Guru memuji tindakan anak Ü anak cenderung mengulang
 
3. Chaining Motorik
•Membentuk rangkaian gerak gerik
contoh:  Memegang jangka bagian atas Ü jangka dibuka Ü dibuat lingkaran
 
4. Chaining Verbal
•Memberikan reaksi verbal pada stimulus
 
5.  Belajar Diskriminasi yang jamak
•Memberikan reaksi yang berbeda pada stimulus yang mirip 
contoh:  Inilah beras C; yang ini beras PB 8; yang ini beras Rajalele
 
6. Belajar Konsep (Concept learning)
•Menempatkan objek-objek dalam kelompok tertentu 
contoh:  Manusia, ikan paus, kera, anjing adalah makhluk menyusui.
 
7. Belajar Kaidah (Rule Learning)
•Menghubungkan beberapa konsep
contoh:  2 x 18 = 16 ;  Benda yang bulat berguling pada alas yang miring 
8. Belajar Memecahkan Masalah (Problem Solving)
•Menggabungkan beberapa kaidah menjadi prinsip pemecahan
contoh: Mencegah sebuah bola berguling pada alas yang miring

 

No comments: