Defenisi Teori Belajar
•Arthur T. Jersild Ü learning is modification of behavior through experience and training.
•Morgan (1978) Ü belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang
terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.
terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.
•Gage (1984) Ü belajar adalah sebagai suatu proses dimana suatu organisma berubah perilakunya
sebagai akibat dari pengalaman.
sebagai akibat dari pengalaman.
•Belajar adalah suatu aktifitas mental/psikis, yang berlangsung dalam pengetahuan-pemahaman,
keterampilan dan nilai-sikap. Perubahan itu bersifat relatif konstan dan permanen.
keterampilan dan nilai-sikap. Perubahan itu bersifat relatif konstan dan permanen.
Delapan Tipe Belajar
1. Belajar Sinyal
•Memberikan reaksi pada perangsang
contoh: Guru sejarah galak ditakuti murid Ü murid tidak senang pada sejarah
2. Belajar Stimulus - Respons
•Memberikan reaksi pada perangsang
contoh: Guru memuji tindakan anak Ü anak cenderung mengulang
3. Chaining Motorik
•Membentuk rangkaian gerak gerik
contoh: Memegang jangka bagian atas Ü jangka dibuka Ü dibuat lingkaran
4. Chaining Verbal
•Memberikan reaksi verbal pada stimulus
5. Belajar Diskriminasi yang jamak
•Memberikan reaksi yang berbeda pada stimulus yang mirip
contoh: Inilah beras C; yang ini beras PB 8; yang ini beras Rajalele
6. Belajar Konsep (Concept learning)
•Menempatkan objek-objek dalam kelompok tertentu
contoh: Manusia, ikan paus, kera, anjing adalah makhluk menyusui.
7. Belajar Kaidah (Rule Learning)
•Menghubungkan beberapa konsep
contoh: 2 x 18 = 16 ; Benda yang bulat berguling pada alas yang miring
8. Belajar Memecahkan Masalah (Problem Solving)
•Menggabungkan beberapa kaidah menjadi prinsip pemecahan
contoh: Mencegah sebuah bola berguling pada alas yang miring
No comments:
Post a Comment